Rabu, 13 Maret 2013

Pendidikan Kewarganegaraan (Mata Kuliah Semester Delapan)


KEWARGANEGARAAN
·         Menurut ICCE (Indonesian Centre for Civic Education), pendidkan kewargaan adalah program pendidikan  yang memuat bahasan tentang kebangsaan dan kewarganegaraan dalam hubungannya dengan negara, demokrasi,HAM, dan masyarakat madani (civil society) dalam implementasinya menerapkan prinsip-prisip pendidikan demokratis dan humanis.
·         Pendidikan kewarganegaraan menurut Samroni adalah pendidikan demokrasi yang bertujuan unruk mempersiapkan warga masyarakt berpikir kritis, berindak demokratis melalui aktifitas menanamkn kesadaran kepada generasi baru bahwa demokrasi adalah untuk kehidupan masyarakat yang paling menjamin hak-hak warga masyarakat.

NEGARA
·         Berasal dari bahasa sansakerta nagara, di Belanda disebut de staa, jerman der staat,prancis de 'etat, inggris the state yang berasal dari bahasa italia lostato.
·         negara adaalah suatu wilayah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumhlah pejabat yang berhasil menuntut warganya dari peraturan perundang-undangan melaului penguasaan monopolistis dari kekuasaan yang sah.
·         unsur-unsur suatu negara: harus ada wilayah, rakyat, pemerintah, dan kedaulatan menurut konsepsi politik. menurut konsepsi internasional: harus ada wilayah, rakyat, pemerintah, dan pengakuan dari wilayah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar